Sibadu's Station

Don't forget your ticket...

Thursday, July 20, 2006

Akankah Berakhir di Krakatau

Selasa, 18 Juli 2006 saya berkesempatan mendampingi bos tuk rapat dengan client, disana hadir beberapa pakar geoscience. Sembari menunggu dimulainya rapat, ada hal menarik yg dipaparkan secara singkat oleh DR. Wahyu Triyono, beliau pakar geofisika, mengenai kejadian gempa yg marak akhir2 ini di Jawa dan Sumatra.

Pak Wahyu memberikan teori yg cukup mengerikan berkaitan dengan arah pergerakkan dari pusat2 gempa yg selama ini terjadi baik yg di Sumatra maupun di Jawa. Menurut beliau pergerakan episentrum gempa sumatra yg menuju Selatan akan berakhir di Selat Sunda, begitu juga dengan gempa di Jawa yg mengarah ke Barat juga akan berakhir di Selat Sunda. Apa yg akan terjadi di selat Sunda tentu menjadi menarik sebab kita ketahui adanya gunung vulkanik aktif yaitu Krakatau.

Pada 1883 Krakatau meletus dahsyat yg terdengar bunyi letusannya sampai Australia bahkan Mauritius (4800 km), kemudian diikuti oleh Tsunami dahsyat yg menghajar seluruh pantai di sekitar Selat Sunda. Debu vulkanik menutupi seluruh dunia yg menyebabkan temperatur bumi turun1.2 derajat C dan mempengaruhi kondisi cuaca selama 5 tahun kedepan.

Tentunya akan menjadi bencana besar apabila dalam tahun2 ini Krakatau meletus, terbayangkah kekacauan yg akan terjadi di negri ini ?!....

Sumber :
- http://en.wikipedia.org/wiki/Krakatau

0 Comments:

Post a Comment

<< Home