Sibadu's Station

Don't forget your ticket...

Monday, July 17, 2006

Bikin Blog...Hmmm....

Halo semuanya .. hi hi.. udah tahunan browsing baru kali ini tergiur bikin blog, kyknya seru ya, bisa comment macem2 tanpa khawatir konsekuensinya.

Perkenalan sedikit, aku peneliti (udah lulus tapi masih belajar) bidang iklim (hanya ada di 2 institut di Indonesia, jadi silahkan tebak), sekarang sedang ngelmu sama mahaguru di lembaga riset milik pemerintah, statusku sendiri masih pegawai kontrak.
Pengennya sih lanjutin di luar, tapi IP jadi kendala, nyesel banget lulus dengan IP kecil, padahal kuliah itu sebenernya gampang, tinggal manipulasi diri aja untuk seneng ama mata kuliahnya, toh semua ilmu dirumuskan karena pada dasarnya menarik bukan.

Tapi faktor luar juga ada pengaruh ke proses perkuliahan seseorang. Banyak rekan mahasiswa dan praktisi akademis lainnya cerita, bahwasannya kekuasaan dosen PTN amat sangat besar, dan ini hanya dikarenakan 17 % gaji dosen di PTN dipotong untuk subsidi mahasiswa. Kekuasaan dosen sangat terasa dari mulai penjadwalan, perkuliahan, dan penilaian, segalanya serba tidak pasti. Hal ini tentu membuat proses perkuliahan jadi nggak profesional, pengalaman buruk aku diawal semester dua mata kuliah pada paket semester yg sama sengaja dibentrokan jadwalnya karena masing2 dosen merasa ber-hak, nah kita deh mahasiswa yg jadi korban harus nge-lobi kanan kiri, padahal itu bukan tanggung jawab kita, harusnya jadwal kuliah sudah diatur sebelum semester mulai, dan mahasiswa hanya bertanggung jawab untuk mengikuti perkuliahan dengan baik.

Memang nggak ada habisnya kalo curhat tentang keadaan PTN-ku tercinta itu, belum lagi 99 % dosen di jurusan ku nggak ada yg ngerti cara ngasih kuliah yg bener.

Untung udah lulus....sigh

0 Comments:

Post a Comment

<< Home